Senin, 25 April 2016

BAB 5 HTTPS



BAB 5 HTTPS

1.1  Pengertian
HTTPS merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris dan asal katanya terdiri dari Hypertext Transfer Protokol Secure dan di singkat menjadi HTTPS. HTTPS dapat diartikan sebagai bentuk protokol valid dan aman. Hal ini di sebabkan perintah dan data melalui protokol HTTPS ini telah di lindungi dengan sistem encryp melalui berbagai format, sehingga ini akan menyulitkan bagi orang-orang yang ingin membajak isi dari dokumen yang dikirim dengan menggunakan media HTTPS.
Dapat dipahami juga bahwa HTTPS meruppakan gabungan dari HTTP dengan SSL(Secure Socket Layer) / TLS(Transport Layer Security) protokol. Seluruh komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dan di analisa dengan tujuan untuk keamanan ketika terjadi transaksi data melaui internet.
5.2  Cara Kerja
Cara kerja dari HTTPS :
·         HTTPS akan melindungi atau mengaman kan setiap web dengan endcripsi yang aman
·         Sehingga prosen pengaksesan dari sebuah domain web lebih aman.
5.3  Instalasi
Paket installasi yang harus di install untuk konfigurasi HTTPS ini adalah installasi paket HTTPS(SSL) pada Ubuntu server kita dengan cata mengetikan #apt-get install openssl seperti pada gambar di bawah ini.
5.4  Konfigurasi
1.      tambahkan subdomain pada DNS, karna kita sudah mengkonfiigurasi DNS pada praktikum sebelumnya maka kita tinggal hanya menambahkan saja subdomain admin.ILJ.com pada konfigurasi DNS seperti pada gambar di bawah ini

2.      Setelah kita tambhakan subdomain pada konfigurasi DNS, langkah selanjutnya adalah membuat sertifikat SSL dengan cara mengitikan pada kernel Ubuntu server  #openssl req -x509 nodes-days 365 –newkey rsa:2048 –keyout /etc/apache2/sertifikat/ILJ.key –out /etc/apache2/sertifikat/ILJ.crt atau bisa di lihat seperti gambar di bawah ini

3.      Setelah membuat sertifikat kemudian kita tambahkan konfigurasi virtual host web server dengan cara mengetikan #nano /etc/apache2/sites-enabled/000-default.conf dan ketikan beberapa konfigurasi subdoamain admin.ILJ.com seperti pada gambar di di bawah berikut
4.      Jangan lupa untuk mengaktifkan modul ssh dengan cara mengetikan #a2enmod ssl seperti pada gambar berikut.
5.      Kemudian langkah selanjutnya adalah membuat direktori dari admin yang berfungsi sebagai hal weh yang digunakan untuk HTTP, konvigurasi ini hampir sama dengan konfigurasi pada virtial host yaitu dengan membuat file php, seperti gambar di bawah ini.


6.      Setelah kita mengkonfigurasi direktori seperti gambar gambar di atas maka konfigurasi SSL HTTP sudah selsai, langkah selanjutnya adalah mengecek konfigurasi yang sudah di lakukan pada sisi client.

5.5  Study Kasus
Pada study kasus HTTPS ini kita melakukan pengecekan apakah web yang telah di konfigurasi di atas berhasil menjadi HTTPS. Indikasi dari HTTPS bisa dilihat dari kotak ULR pada browsernya.
1.      Pada sisi client dilakukan percobaan pada web browser dengan mengetikan subdomain yang telah kita konfigurasi sebelumnya, yaitu www.admin.ILJ.com jikan HTTPS sudah berhasil makan akan menunjukan seperti pada gambar di bawah ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar